I Love Jurnalism

Assalamu'alaikum w.w.

Menulis, merupakan salah satu aktivitas yang memerlukan keberanian dan kemauan kuat untuk memulainya. Kenapa? Karena tidak sedikit orang yang ingin atau berniat terjun ke dunia kepenulisan atau dunia jurnalistik mengatakan "Saya bingung mau menulis apa, jadi lebih baik besok saja kalau sudah ada ide", "Latihan menulisnya kalau sedang mood saja supaya hasilnya bagus", dan ada pula yang beralasan takut jika tulisannya tidak bagus lantaran kurang referensi atau pengalaman. Alhasil, dengan banyaknya alasan yang sudah tersedia di dalam otak kita tersebut, "niat" menulis pun tidak kunjung terlaksana.

Terlepas dari orang yang hanya "berniat" terjun ke dunia jurnalistik tanpa kemauan yang kuat, ada sebagian orang yang begitu mencintai menulis bahkan menjadikannya sebagai kebutuhan. Jika sehari saja mereka tidak menulis, maka akan timbul perasaan tidak nyaman yang pada akhirnya akan terobati jika mereka menulis kembali. Passion seperti inilah yang harus ditanamkan dan dikembangkan, terutama oleh penulis pemula yang kadang-kadang hanya bermodalkan "niat".

Sebenarnya jika kita memiliki kemauan yang kuat untuk terjun dalam dunia jurnalistik, kita dapat memulainya dengan menuliskan apa saja yang ada di kepala sekaligus dalam hati kita. Mulai dari blogging, menulis diary, cerpen, ataupun puisi. Jika kemampuan menulis sudah bertambah, kita bisa mencoba menulis opini, essay, ataupun feature di surat kabar. Lantas, apa yang dmaksud dengan opini, essay, dan feature?

Opini yaitu pendapat atau ide seseorang mengenai suatu topik atau permasalahan yang biasanya menimbulkan pro dan kontra. Sedangkan essay yaitu suatu karangan mengenai suatu topik yang dibahas secara sepintas berdasarkan data tertentu sehingga ide yang disampaikan dapat dipercaya dan dibuat berdasarkan sudut pandang penulis. Kemudian feature adalah suatu informasi yang aktual, menarik, dan terkadng subjektif serta bersifat mendidik, menghibur, dan menarik simpati atau empati.

Meskipun menulis di media massa, seperi surat kabar lumayan sulit, tetapi ada beberapa hal yang bisa dipelajari supaya tulisan kita bisa lolos redaksi media massa tersebut, diantaranya yaitu :
  • Prinsip-prinsip dalam dunia jurnalistik. Prinsip tersebut diantaranya prinsip cover bootside dan aktual. Cover bootside yaitu suatu prinsip dimana penulis dituntut untuk melihat atau melaporkan berita secara objktif, netral, dan adil. Kemudian prinsip berita aktual maksudnya adalah suatu berita yang berisi tentang peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan.
  • Teknik penulisan berita. Teknik penulisan berita yang umum digunakan yaitu piramida terbalik. Piramida terbalik adalah suatu teknik penulisan artikel dimana informasi umum diletakkan pada awal paragraf dan semakin ke bawah berisi informasi yang semakin khusus.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan berita sebagai salah satu syarat kita terjun ke dalam dunia jurnalistik. Lantas apa arti junalistik itu sendri yang sedari tadi kita sebut-sebut? Pengertian jurnalistik atau jurnalisme yaitu suatu kegiatan pengumpulan, pengolahan, penulisan, dan penyampaian informasi kepada khalayak ramai.

Mari terus berkarya dan sumbangkan ide cemerlang kita melalui goresan pena. Salam Pers Indonesia!

Wassalamu'alaikum w.w.


 
Copyright (c) 2010 Ana Safitri's Blog and Powered by Blogger.