LCD Screen (Mengoperasikan Notebook Profesional part 3)


Assalau'alaikum w.w.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang Mengoperasikan Notebook Profesional bagian ke 3. Pada bagian ke 3 ini, saya akan berbagi tentang LCD Screen atau layar notebook.
LCD Screen adalah sebuah device yang berguna untuk menampilkan output dari data atau input yang sedang dikerjakan pada notebook. Untuk menampilkan output, layar LCD menerima sinyal data dari kartu video melalui kabel LCD. Notebook keluaran dulu biasanya memiliki layar LCD yang besar, sedangkan yang keluaran baru sebagian besar menggunakan display LCD layar lebar. Sebuah lampu backlight (juga dikenal sebagai bola CCFL) adalah sumber utama cahaya di setiap layar LCD dan catu dayanya disupply oleh papan inverter.

Seperti halnya barang elektronik lain, LCD juga bisa cepat rusak apabila tidak dirawat dengan benar. Untuk menjaga layar notebook tahan lama, berikut tipsnya :
  • Bersihkan layar secara berkala. Untuk membersihkan LCD gunakan kain silicon (sejenis kanebo) atau kain khusus kaca mata, yaitu jenis kain yang tidak mengandung electrostatic yang mana tidak akan menempel pada layar. Kemudian basahi kain dengan sedikit cairan pembersih kaca anti static, seperti produk Johnson Electronik Cleaner. Bersihkan layar dengan gerakan searah (kanan-kiri, atas-bawah). Jangan 2 arah atau bahkan 4 arah karena bisa menyebabkan LCD sedikit tergores dan usahakan jangan menggunakan tisu karena hanya akan memindahkan lokasi kotoran pada layar. Lakukan pembersihan pada saat layar mati atau notebook sedang dimatikan.
  • Hindarkan dari sinar matahari langsung.
  • Hindarkan tekanan pada layar.
  • Gunakan LCD protector untuk mencegah debu menempel pada layar.
  • Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut. Matikan sekitar 10 menit, kemudian hidupkan kembali.
  • Atur LCD time off ketika notebook tidak digunakan.
  • Usahakan membuka dan menutup LCD notebook dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya bukan dari atasnya karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. :
Wassalamu'alaikum w.w.
Sumber : Dari berbagai sumber

 
Copyright (c) 2010 Ana Safitri's Blog and Powered by Blogger.