Menonaktifkan Numlock yang Kadang Aktif Sendiri

Assalamu’alaikum w.w.
Beberapa waktu yang lalu NB saya mengalami sedikit gangguan pada keyboardnya. Ketika menghidupkan NB yang di sleep Numlocknya bisa aktif sendiri. Jadi, kalau saya tekan tombol j akan muncul angka 1, tombol k muncul angka 2, dll (setiap NB berbeda tombol dan angka yang muncul). Kemudian, saya gunakan kombinasi Fn+ F11 (Numlock). Tetapi kalau terus menerus memakai kombinasi Fn+F11 (Numlock) ga simple banget ‘kan (maklum suka yang simple. :D)?
Setelah bertanya ke sana ke sini ada yang menyarankan untuk menonaktifkan Numlock di BIOS. Tetapi karena tidak ketemu, saya coba coba masuk ke Control Panel. Dan akhirnya ketemulah cara untuk menonaktifkan Numlock yang aktif secara otomatis. Pengen tahu caranya? Yuk lanjutkan bacanya.
Nah, untuk menonaktifkan Numlock yang aktif secara otomtis, berikut langkah langkahnya :
  1. Buka Control Panel > Ease of Access Center.
  2. Kemudian pilih Make the keybord easier to use
    Klik icon keyboard
    .
  3. Hilangkan tanda centang pada Turn on Toogle Keys…for 5 seconds > OK.
    Hilangkan checklist
  4. Selesai….
Saya coba sleep dan hidupkan lagi, maka numlocknya tidak aktif lagi secara otomatis. Mudah banget bukan?
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum w.w.
 
Copyright (c) 2010 Ana Safitri's Blog and Powered by Blogger.