Screen Inverter Board (Mengoperasikan Notebook Profesional part 4)

Assalamu'alaikum w.w.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang Mengoperasikan Notebook Profesional bagian ke 4. Pada bagian ke 4 ini, saya akan berbagi tentang Screen Inverter Board atau yang biasa disebut inverter saja.
Screen Inverter Board (LCD inverter, FL inverter, inverter layar, backlight inverter) adalah sebuah papan sircuit kecil yang mengubah listrik arus searah (DC) ke arus bolak-balik (AC). Inverter mengubah daya DC 12-volt baterai ke listrik AC 115-volt dan dapat dengan mudah dibebankan dengan cara menghubungkannya ke sumber listrik. Sirkuit ini memberi energi pada sistem pencahayaan pada layar notebook untuk meningkatkan visibilitas. Apabila tidak menggunakan inverter, maka cahaya layar LCD akan terlalu lemah. Selain itu, dengan mengendalikan output dari inverter, notebook dapat menyesuaikan kecerahan dari layar serta dapat menyimpan arus listrik yang digunakan untuk membuat notebook portabel. Beberapa jenis inverter bahkan dapat melakukan pengaturan tersebut secara otomatis dengan menggunakan sensor kecil untuk mendeteksi seberapa terang ruangan dan menghasilkan output yang sesuai.
Di samping itu, notebook inverter juga memiliki built-in GFCI protector (perlindungan kesalahan tanah) yang memiliki karakteristik segera mematikan inverter jika lembab atau basah. Kemudian perangkat mengatur ulang kondisi, sehingga kembali ke keadaan semula. GFCI protector dapat menghindarkan pengguna dari sengatan listrik dan kemungkinan resiko kebakaran. Kemudian, timer shutdown yang terdapat pada notebook inverter berfungsi melindungi notebook dari tegangan rendah atau kerusakan akibat listrik tegangan tinggi dan kerusakan yang disebabkan oleh perubahan suhu. Inverter ini juga menyediakan pasokan listrik yang konsisten dan output hampir dua jam penggunaan.
Sekian dulu ya. Semoga bermanfaat. :Kalau ada yang salah, mohon koreksinya. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum w.w.
Dari berbagai sumber.
 
Copyright (c) 2010 Ana Safitri's Blog and Powered by Blogger.